Pages

Kumpulan Contoh Puisi Cinta Romantis

Kumpulan Puisi Cinta Galau, Kata Bijak Mutiara, Puisi Guru, Alam, lingkungan sekolah, hidup dalam bahasa inggris

Puisi Islami Tentang Kehidupan

Puisi Islami Tentang Kehidupan – puisi islam tentang kehidupan merupakan kumpulan puisi tentang kehidupan sehari-hari manusia, baik itu kenangan pahit ataupun manis yang dijalani. Hidup datang nya dari Allah, sejak satu hari dalam kandugan berarti Allah sudah menghidupkan kita didalam Rahim ibu. Dan kematian pun ialah takdir yang kuasa sampai batas mana kita diberi kehidupan di dunia. Hidup ialah misteri kita tak pernah tau apa yang akan terjadi esok, tugas kita hanyalah menjadi orang sebaik mungkin, mengumpulkan bekal menuju akhirat, inshaAllah apabila kita dekat dengan Allah kita tidak akan resah gelisah akan semua takdir-Nya.

Berbicara tentang kehidupan, “hidup tidak hanya untuk diri sendiri” sudah sering ya mendengar kalimat itu? Atau “manusia sebagai makhluk sosial”. Ya memang benar bahwa hidup tidaklah semata-mata untuk diri kita sendiri melainkan hidup untuk memberikan manfaat kepada orang banyak. hidup harus perlu banyak bersyukur.bersyukur atas nikmat nafas yang diberikan, nikmat sehat, nikmat makan dan minum setiap harinya, dan nikmat lain-lain.




Puisi Islami Tentang Kehidupan


Kehidupan Menurut Al-Qur’an dan Hadist


Rasulullah S.A.W bersabda “ Tidaklah aku tinggal di dunia melainkan seperti musyafir yang berteduh dibawah pohon dan beristirahat lalu musyafir tersebut pergi meninggalkannya [HR.TIRMIDZI].

dalam Al-Qur’an menjelaskan bahwa kehiddupan ini bukanlah berlalu tanpa akibat, tapi berlangsung dengan catatan atas semua yang dikerjakan selama di dunia. Yang harus kita pahami yang pertama ialah Hidup adalah sebuah Ibadah yang dijelaskan pada ayat berikut :
Hadist Riwayat Muslm, Abu Dawud, At-Tarmidzi, Nasa’I dan Ahmad

عَنْ أبِى هُرَيْرَة (ر) أنَّ رَسُول الله .صَ. قَالَ: إذَا مَاتَ الإنسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ:
صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ اَو عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ, اَووَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُولَهُ (رواه ابو داود)


“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku” (Q.S Adz Dzaariyaat:56)

Yang kedua hidup adalah ujian Allah berfirman dalam QS Al Mulk [67] : 2 yang artinya :
“(ALLAH) yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”

Allah akan menguji manusia melalui hal-hal sebagai berikut sesuai dengan QS Al Baqarah [2]:155-156 yang artinya : “dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan, dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.”

Besarnya pahala sesuai dengan besarnya ujian dan cobaan. Sesungguhnya Allah ‘Azza wajalla bila menyenangi suatu kaum Allah menguji mereka. Barangsiapa bersabar maka baginya manfaat kesabarannya dan barangsiapa murka maka baginya murka Allah. (HR. Tirmidzi)

Yang ketiga kehidupan diakhirat lebih baik dari kehidupan didunia Dalam QS Ali ‘Imran [3]:14, yang artinya : “dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).“

Yaa Allah, tak ada kehidupan selain kehidupan akhirat. (HR. Bukhari)
QS Adh Dhuha [93]:4, yang artinya : “dan sesungguhnya hari kemudian (akhirat) itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan).”

Yang terakhir bahwa Hidup Adalah Sementara Dalam QS Al Mu’min [40]:39, Allah berfirman,
“Hai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.“

Dalam QS Al Anbiyaa [21]:35, yang artinya : “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya) dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.“

Puisi Islami Tentang Kehidupan

Kita diciptakan dengan rasa kasih sayang dan cinta, didalam ruh kita dimasukkan nafsu dan keinginan, kemauan, dan kehendak ialah ciri manusia. Berbeda lagi dengan hewan yang hidup dan bergerak menggunakan insting, sedangkan manusia lebih menggunakan hati dan akal. Dibawah ini akan saya ulas puisi islami tentang kehidupan.


SATU HARI


Berikanlah aku satu hari kemarin sajn
Hanya satu hari kemarim
Aku tahu apakah aku bisa bertahan
Menjadikan jendela sebagai rumahku

Begitu cepat satu tahun berlalu
Kehidupan yang lain menjadi masa lalu
Menjadi hal yang memberatkan mimpi
Aku tak pernah berpikir untuk bertahan

Hanya satu hari lagi
Perasaanku saling berbenturan
Aku terjaga selama berjam-jam
Malam telah menyelinap pergi

Cukup satu hari kemarin
Apakah kau berpikir sama sepertiku
Mengatur cahaya diseluruh dunia
Menetap di bawah renungan dunia

Baca : Puisi tentang cinta Islami Romantis
loading...
Back To Top