Pages

Kumpulan Contoh Puisi Cinta Romantis

Kumpulan Puisi Cinta Galau, Kata Bijak Mutiara, Puisi Guru, Alam, lingkungan sekolah, hidup dalam bahasa inggris

Cara Membuat Puisi Yang Baik dan Benar serta Indah

Puisi Cinta | Puisi, apa yang anda bayangkan ketika anda mendengar atau membaca tentang kata ini. Apakah anda mengenalnya sebagai sebuah peradaban sastra? sebagai khasanah seni bahasa manusia? atau anda akan teringat dengan diksi, pemilihan kata, rima, majas ataukah anda akan hafal dengan bait - baitnya? satu hal yang pasti. Puisi menjadi sarana ekspresi bagi siapapun yang ingin mencurahkan isi hati dalam rangkaian kata.

Cara Membuat Puisi

Banyak penikmat puisi, seringkali bahkan tidak tahu seluk -beluk puisi. Atau sering juga para pecinta puisi mengatakan tidak bisa membuat puisi. Ada semacam block mind dalam otak manusia ketika mulai membuat puisi. Nah, sebenarnya bagaimana sih cara membuat puisi yang indah? Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Memilih Tema 
    Setiap orang terlahir dengan bakat, sikap dan pandangan yang berbeda. Perbedaan ini bisa terjadi karena faktor genetik maupun cara hidup serta latar belakang kehidupan yang berbeda. Pembawaan ini juga kemudian membuat seseorang memiliki selera tersendiri ketika membahas suatu masalah atau topik. 

    Mungkin seseorang akan mudah membuat puisi ketika ia di suruh menyusun puisi cinta, namun ketika di suruh menyusun puisi bertema kesehatan. Ia akan berfikir keras. Saya yakin setiap orang bisa menulis puisi dengan tema apa saja. Namun perbedaannya, ketika puisi yang ingin anda tulis sesuai dengan karakter, bakat, suasana dan kondisi anda. Puisi akan lebih mudah di buat karena munculnya banyak inpirasi. 

  • Penuhi dengan rasa
    Ketika anda ingin membuat sebuah puisi yang bertemakan " Puisi Cinta Putus " maka, cobalah bayangkan ketika anda sedang di putus cintanya dengan penghianatan. Rasakan dalam hati anda, emosi yang menyatu dengan pikiran anda. Jika anda belum pernah merasakan nya, cobalah anda bayangkan adik anda, kakak anda, sahabat tercinta anda atau anak anda ketika mereka menghadapi pendeitaan putus cinta.

    Saat emosi mulai merasuk di pikiran anda, sementara anda mulai terbawa perasaan. Biarkan tangan anda menari - nari merangkai huruf dan kata mejadi sederet kalimat. Biarkan kalimat - kalimat tersebut menjadi bait yang mewakili pikiran dan perasaan anda. Jangan pikirkan soal keindahan dahulu. Tulis saja apa yang anda rasakan. Biarakan mengalir. Ingat bahwa " Puisi terindah itu bukan sekedar kata - kata indah, namun di tulis dengan perasaan yang tulus dan jujur saat menulis puisi "

  • Pilihlah Kata Setelah anda Tenang
    ketika anda sudah menulis puisi. Coba posisikan sebagai orang lain. Bayangkan ketika anda membaca puisi tersebut. Pilihlah diksi - diksi yang baik, sederhana dan bebas terserah anda. Karena bagaimanapun, puisi adalah milik anda. 

  • Banyaklah membaca
    Seberapa pintar anda memilih kata tergantung pula dari seberapa banyak perbendaharaan kata anda. Semakin anda sering membaca maka tentu semakin bertambah pula perbendaraan kata anda sehingga akan dapat menambah variasai kata di dalam kalimat anda. Coba bacalah lihat puisi orang lain yang sejenis dengan apa yang kita tulis. Lihat polanya. Amati tiru lalu modifikasi.

  • Nikmati Prosesnya
    Jangan jadikan puisi anda sebagai beban. Jangan terlalu terikat dengan aturan puisi lama yang memiliki aturan rima, baris atau bentuk. Coba anda pahami penjelasan puisi di bawah ini.


  • Mereka para penulis puisi bebas atau kontemporer pada kenyataannya bahkan menulis puisi yang seringkali tidak di pahami dengan bentuk yang tidak karuan bagi orang awam. So. Nikmati proses ketika anda menulis puisi. Jangan terbebani dengan kata " baik" atau " buruk" tapi cukup curahkan saja apa yang anda rasa. 
loading...
Back To Top