Pages

Kumpulan Contoh Puisi Cinta Romantis

Kumpulan Puisi Cinta Galau, Kata Bijak Mutiara, Puisi Guru, Alam, lingkungan sekolah, hidup dalam bahasa inggris

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Pengertian Puisi ~ Puisi, siapa yang tidak mengenal karya sastra ini. Hampir semua orang tahu apa itu puisi. Namun untuk memperdalam kajian tentang puisi ini. Saya akan memberikan penjelasan mengenai puisi dan definisinya menurut para ahli.

Secara umum karya sastra dibagi menjadi tiga yaitu puisi, prosa dan drama. Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Khusus untuk puisi terdapat unsur - unsur yang sangat khas didalamnya yang terkadang memerlukan sentuhan perasaan agar puisi yang dibuat lebih hidup dan membekas di hati. Puisi sendiri berasal dari kata Poites, yang berarti pembentuk, pembuat atau pembangun. ( wikipedia ) Dalam bahasa inggris sering disebut dengan poem. Semantara secara istilah puisi merupakan karangan yang terikat oleh rima, ritme atau aturan lain yang memiliki estetika yang teratur. Seiring berjalannya waktu, aturan ini kian pudar khususny pada puisi kontemporer yang seolah sangat tidak beraturan. dan berikut ini akan saya ketengahakan pengertian puisi menurut Para ahli :

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli
Kahlil Gibran : Penulis Puisi Terkenal HIngga Kini

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli


  • William Wordsworth
peluapan yang spontan dari perasaan-perasaan yang penuh daya, memperoleh asalnya dari emosi atau rasa yang dikumpulkan kembali dalam kedamaian.
  • Drs Zainuddin
puisi merupakan karya sastra yang terikat ketentuan atau syarat tertentu dan pengungkapannya tidak terperinci, tidak mendetail atau tidak meluas.

 Alternbernd
pendramaan pengalaman yang bersifat penafsiran (menafsirkan ) dalam bahasa berirama (bermetrum) (as the interpretive dramatization of experience in metrical language).

Dari pengertian puisi menurut para ahli diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa puisi merupakan karya seni yang memiliki seni khas yang tidak dimiliki oleh karangan lain. Ini berkaitan dengan unsur unsur instrinsik yang terdapat dalam puisi. Selain itu, puisi biasanya menjadi luapan perasaan yang sangat mendalam bagi penulisnya. Para pujangga biasanya harus mendalami apa yang ditulisnya agar puisi yang ditulis tidak garing atau tanpa makna.

Salah satu ciri khas yang sangat mengikat adalah adanya maksud yang seringkali tidak dipahami oleh pembaca dan hanya sang penulislah yang mengerti. Inilah mengapa kemudian puisi dikatakan sebagai penafsiran subjektif dari si manusianya. 



Penjabaran pengertian puisi menurut para ahli diatas kiranya memberikan kita pada satu kesimpulan khusus bahwa puisi sangat berkaitan dengan seni bahasa ini dibuktikan dengan adanya rima, dan ritme namun hal ini kemudian di patahkan oleh mereka yang menganut puisi kontemporer. Pada kesempatan lain, saya akan membahas mengenai jenis jenis puisi yang tentunya dapat membuka cakrawala pemikitan kita tentang puisi. Namun yang pasti, bahwa puisi mengandung suatu maksud tertentu yang ditulis secara padat, singkat, dan rapat yang dengannya luapan emosi, pemikiran maupun perasaan dari si penulis dapat tercurahkan melalui bait bait syair.
Demikianlah artikel tentang Pengertian Puisi Menurut Para Ahli semoga ada manfaatnya. Terima kasih atas kunjungan anda dan salam cinta dari sang pemuda.


loading...
Back To Top